Myogaksa, Kuil Pembawa Perdamaian di Korea

 

Myogaksa lebih dari sekedar kuil. Pembangunannya diperhitungkan dengan matang. Oleh karena itu pula, Myogaksa disebut dengan kuil pembawa perdamaian.

 

Kuil Myogaksa terletak di sisi timur gunung Naksan di Sunging-dong, Jongno-gu, Seoul. Didirikan oleh Biksu Taeheo Hongseon pada bulan Mei tahun 1930. Sejak pendiriannya, kuil ini sudah dua kali mengalami renovasi.

Yang istimewa dari Myogaksa adalah karena lokasinya dipilih berdasarkan prinsip-prinsip feng shui. Dari pertimbangan tersebut, lokasi dimana kuil itu berdiri sekarang ini dipercaya membawa kedamaian dan kenyamanan bagi warga Seoul. Ya, terletak di distrik pusat kota Seoul, Myogaksa berfungsi sebagai tempat yang ditujukan untuk perdamaian spritual dan pencerahan bagi warga. Kuil ini mengabadikan patung Gwanseum Bosal (Alokitesvara Bodhisattva) yang merupakan sosok ibu dari semua Bodhisattvas.

Bila Anda mengunjungi kuil ini, kita dapat melihat beberapa bagian bangunan seperti Daegwangmyeongjeon, Gwaneumjeon, Chounsu Gwaneum, Seokguram, Sansindang dan Seonbang. Sedangkan patung Buddha yang diletakkan dalam Sokguram dibuat pada bulan Oktober 1574 selama pemerintahan Raja Seonjo dari Dinasti Joseon.

Selain dapat melihat bangunan sejarah kuil ini, kita juga bisa mengikuti berbagai program yang ditawarkan. Beberapa turis mancanegara juga tertarik mengikutinya karena memberikan pengalaman liburan dan spritual yang berkesan. Program-program yang dapat diikuti oleh para pengunjung Myogaksa adalah meditasi, trekking di area belakang kuil, mengikuti upacara minum teh, membuat lentera dan masih banyak lagi. Tujuan utama dari program-program ini adalah untuk meresapi ajaran Buddha dan mengupayakan ketenangan serta ketentraman batin.

Oya, bagi yang berminat menginap di kuil atau yang sering disebut dengan temple stay, Anda dapat  memilih paket temple stay yang sudah ditetapkan oleh pengelola. Ada paket 2 hari 1 malam atau regular temple stay. Jika tertarik mengikutinya, Anda cukup membayar biaya 50.000 Won untuk peserta dewasa dan 40.000 Won untuk peserta remaja. Ada juga paket one day temple life. Khusus untuk paket ini, Anda bisa membayar 30.000 Won bagi peserta dewasa dan 20.000 Won bagi peserta remaja.

Cara sampai ke lokasi : Untuk mencapai kuil Myogaksa, Anda bisa naik Seoul subway jalur 1 turun di Sinseoldong Station melalui pintu exit 2. Sesampainya di Senseoldong Anda harus harus berjalan kaki sejauh 300 meter menuju Myogaksa.

sumber

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s