Legenda dan Keunikan Haesindang Park

 

Taman biasanya dipenuhi dengan bunga serta wahana permainan. Akan tetapi berbeda dengan Haesindang Park. Taman ini justru dipenuhi dengan patung replika Vital Pria. Wow!

Haesindang Park atau yang sering disebut dengan Penis Park terletak di Samcheok-si, Gangwon-do tepatnya di 20 km dari pusat Samcheok. Taman ini terkenal karena keberadaan patung menyerupai bentuk penis yang tersebar diseluruh area Haesindang Park. Patung-patung itu diciptakan oleh seniman Korea untuk tujuan sukacita, spritual dan seksualitas. Sedikitnya ada sekitar 100 patung penis yang ada di tempat ini.

Keunikan Haesindang Park memang mengundang tanya. Taman yang berada di dekat perkampungan nelayan desa Sinnam ini memang memiliki legenda yang menjadi tujuan awal pendirian taman ini. Legenda ini bercerita tentang seorang perawan yang pernah tersapu ke laut dan tenggelam. Nyawanya tak bisa diselamatkan, bahkan sang kekasih juga gagal menolong sang gadis tersebut. Sejak saat itu hasil tangkapan para nelayan di pantai menjadi amat berkurang karena pantai tersebut menjadi lokasi kematian sang gadis. Demi memberikan “penghiburan” kepada mayat perawan itu, warga desa berinisiatif untuk membuat aneka patung dan ukiran kayu berbentuk penis dan mengadakan upacara keagamaan. Setelah patung-patung ini tercipta dan upacara dilakukan, perlahan-lahan para penduduk desa bisa hidup dengan tenang, para nelayan pun senang karena hasil tangkapannya kembali melimpah.

Tempat kematian gadis ini bernama Aebawi Rock sedangkan tempat digelarnya upacara keagamaan yang dilaksanakan dua kali dalam setahun itu disebut Haesindang. Hingga kini, upacara tersebut masih tetap dilakukan dan dihormati keberadaannya. Itulah mengapa, jika mengunjungi tempat ini, Anda akan melihat sebuah kuil kecil tempat upacara keagamaan. Di bagian atas tebing ada patung penis yang dipahat menyerupai simbol-simbol zodiak. Beberapa patung lainnya berbentuk tempat duduk untuk para wisatawan agar leluasa bersantai saat kelelahan.

Selain patung-patung berbentuk penis, taman ini juga menghadirkan pameran 12 hewan yang mewakili masing-masing shio. Haesindang Park juga memiliki akuarium terbesar di Korea dan arboretum (botanical park).

sumber

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s