Nutrisi Sehat Si Penumbuh Rambut

 

Merry Wahyuningsih

 

(Foto: thinkstock)
Jakarta, Rambut adalah mahkota, terlebih bagi kaum hawa. Namun karena kurangnya nutrisi, stres dan zat kimia tertentu, rambut menjadi kusam, rusak bahkan rontok. Nutrisi tertentu dapat membantu rambut tumbuh cepat dan sehat.

Rambut umumnya terdiri dari protein. Tak heran bila diet protein sangat penting untuk membantu rambut tumbuh sehat. Selain protein, nutrisi penting lainnya juga diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Nutrisi dan mineral seperti vitamin A dan makanan yang kaya B, seng dan asam lemak esensial jika dikonsumsi setiap hari akan membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Berikut beberapa makanan dan nutrisi yang membantu rambut tumbuh sehat, seperti dilansir Boldsky, Senin (16/2/2013):

1. Ikan

Ikan adalah kunci untuk memiliki rambut panjang dan kuat. Ini makanan sehat kaya protein dan vitamin D. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang membuat kulit kepala dan rambut Anda terhidrasi. Ikan seperti salmon dan herring dianggap jenis terbaik dari ikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian, terutama almond dan kenari dikatakan memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3. Makanan ini juga banyak mengandung vitamin E, yang membantu melindungi sel-sel rambut Anda dari kerusakan. Kenari terutama memiliki tembaga, mineral yang membantu menjaga warna rambut alami dan membuatnya berkilau.

3. Tiram

Tiram merupakan sumber makanan yang kaya zinc (seng). Ini adalah nutrisi penting yang ditemukan terutama di makanan sehat seperti tiram, telur dan daging sapi. Kurang zinc menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, tiram membantu membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan lebih panjang.

4. Kentang

Makanan yang kaya vitamin A seperti kentang, wortel, mangga dan labu sangat baik untuk rambut. Nutrisi ini dikenal untuk menghasilkan minyak yang mempertahankan kulit kepala yang sehat.

5. Telur

Telur dikenal sebagai makanan yang paling bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Telur diketahui memiliki semua nutrisi penting seperti protein, zinc, dan zat besi. Aspek penting lainnya, zat besi baik untuk rambut karena membuatnya kuat dan mencegah rambut rontok.

6. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan daun kari benar-benar kaya akan zat besi. Nutrisi penting seperti zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dalam bayam dan daun kari membantu menjaga folikel rambut sehat dengan minyak alami hadir dalam gizi tersebut.

Senin, 18/02/2013 17:36 WIB

(mer/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s