Para Suami Dapat Bantu Istri Deteksi Kanker Payudara

Nurvita Indarini

 

(Foto: Nurvita / detikHealth)
Jakarta, Kanker payudara dapat menyerang laki-laki dan perempuan, namun lebih banyak perempuan yang terkena. Menjaga kesehatan payudara tidak mutlak dilakukan istri, suami juga dapat berperan.

“Bapak juga harus belajar benjolan di payudara istri yang harus diwaspadai. Kalau suatu hari dijumpai benjolan yang nggak seperti biasa, ajak istri ke dokter,” ujar dr. Maria Witcaksono MPALLC dari RS Dharmais, Jakarta.

Hal itu disampaikannya dalam peringatan Hari Kanker Sedunia ‘I Care, Arise, and Never Give Up Against Cancer’ yang digelar oleh Indonesia Care Community (ICCC) bekerja sama dengan Kalbe Ethical Customer Care (KECC) di Conference Room Bintang Toeoedjoe, Jl A Yani, Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (17/2/20013).

Dia menambahkan suatu penelitian di AS mengungkap, bahwa 90 persen benjolan pada payudara perempuan yang sudah menikah ditemukan oleh suami. Oleh sebab itu suami memegang peran penting dalam mendukung istri menjaga kesehatan payudaranya.

Payudara bagi perempuan sangatlah berarti. Karena itu dr. Maria sangat memahami ada perempuan yang enggan menjalani operasi pengangkatan payudara saat tahu terkena kanker.

Namun, kerap kali operasi pengangkatan payudara menjadi satu-satunya pilihan. Saat hal itu terjad,i maka sebaiknya pasien diberi semangat oleh keluarga dan orang-orang dekatnya.

Dr. Maria mengajak pasien kanker payudara yang harus mastektomi untuk ikhlas dan berserah diri pada Tuhan. “Mungkin satu payudara diangkat, tapi masih ada satu lagi. Harus ikhlas ya,” ucap dr. Maria mewanti-wanti.

Sering kali orang yang didiagnosis kanker merasa dunia tidak adil. Akibatnya pasien tersebut stres sehingga stadium kankernya cepat bertambah.

“Tapi banyak yang disyukuri dari penyakit. Dapat perhatian, hubungan keluarga lebih kuat. Dengan penyakit ini diingatkan aku ini ciptaan Tuhan yang suatu hari akan kembali,” kata dr. Maria dihadapan para survival kanker dan keluarganya yang hadir dalam acara tersebut.

Minggu, 17/02/2013 13:05 WIB

(vta/up)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s