Selain Cantik, Bunga Sepatu Juga Berkhasiat

Banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam bunga sepatu

 

Lutfi Dwi Puji Astuti, Stella Maris

 

Bunga Sepatu

 

Tanaman Bunga Sepatu, atau dikenal dengan nama latin Hibiscus Rosa-sinensis L, biasa ditanam dalam pekarangan sebagai tanaman hias. Namun, siapa sangka di balik kecantikannya, bunga dari tanaman ini memiliki ragam khasiat untuk kesehatan.

Hampir semua bagian dari tanaman ini, mulai dari daun, bunga, dan kelopak bunga memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, kelopak bunga ini mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik atau obat kuat.

Kelopak bunga sepatu mengandung vitamin A,C, protein, kalsium, dan asam amino. Asam amino pada tumbuhan ini berjumlah sekitar 18, misalnya arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Bunga sepatu juga kaya antioksidan.

Para ilmuan juga telah mengkorfirmasi sifat diuretik dari bunga sepatu mampu membantu tubuh menghilangkan kelebihan air sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung atau mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Untuk itu, tak heran rasanya, jika di Indonesia, daun dan bunga dari tanaman ini banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh. Adapula yang mengolahnya untuk dijadikan sirup, selai, juga minuman lainnya.

Jika tertarik untuk merasakan khasiat kesehatan dari tanaman ini, seperti dikutip laman Prevention, berikut resep sederhana membuat teh dari bahan bunga sepatu.

BAHAN:

250 ml air
3 sdm bunga kembang sepatu kering atau
4-5 bunga sepatu segar
1 batang kayu manis
1 sdm gula
Tetesan jeruk nipis

PETUNJUK:

Rebus air hingga matang. Kemudian campur dengan kembang sepatu dan kayu manis. Diamkan selama 20 menit. Lalu tambahkan gula dan perasan jeruk nipis. Dapat Anda sajikan panas atau dingin.

Sabtu, 16 Februari 2013, 10:43 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s