Intip Makanan yang Memperlambat Pertumbuhan Uban

Perubahan warna rambut disebabkan karena penurunan melanin

 

Finalia Kodrati, Stella Maris

 

Salmon panggang (Boldsky.com)

Dengan bertambahnya usia, perubahan fisik pun akan mengalami perubahan. Salah satunya pada perubahan warna rambut, seperti menjadi beruban. Akan tetapi, di samping itu, sebenarnya ada faktor lain yang menyebabkan munculnya uban, yakni asupan makanan yang buruk.
Stres dan faktor genetik pun diketahui, juga menjadi menjadi penyebab utama mulai memutihnya rambut. Perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih ini, disebabkan karena terjadi penurunan melanin di akar rambut.
Akan tetapi, tak perlu khawatir, karena beberapa jenis makanan dapat membantu Anda dalam meningkatkan produksi melanin. Berikut makanan yang dapat membantu memperlambat peryumbuhan uban, seperti dikutip dalam Boldsky:
Sayuran Hijau
Salah satu cara mencegah ‘penuaan dini’ pada ambut Anda dengan memberikan asupan gizi yang tepat. Sayuran hijau segar merupakan sumber alami vitamin B6 dan B12 yang menjaga kesehatan rambut. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam misalnya, yang dipercaya dapat membantu menyingkirkan uban.
Berri
Keluarga berri seperti stroberi, raspberi, dan cranberi memang kaya akan vitamin C, yang tak hanya dapat mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan saja. Makanan ini, ternyata juga dapat mencegah rambut beruban serta membantu meningkatkan kesehatan rambut.
Salmon
Salah satu bahan utama pembuat sushi ini, memang paling banyak penggemarnya. Makanan laut ini merupakan sumber alami selenium yang dapat mengatur produksi hormon yang mempertahankan warna hitam rambut Anda. Selain itu, salmon juga dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sistem Anda.
Almond
Kacang-kacangan ini mengandung vitamin E dan tembaga yang bermanfaat untuk menyingkirkan rambut putih Anda. Selain baik untuk menjaga kesehatan rambut, almond diyakini dapat menjaga kesehatan kulit Anda, agar senantiasa halus dan lembut.
Produk Susu
Apabila Anda mengonsumsi produk susu, artinya Anda membantu pasokan oksigen ke kulit kepala untuk mencegah ‘penuaan dini’ pada rambut Anda. Selain itu, produk susu juga kaya akan vitamin B, vitamin B6, dan B12 yang penting untuk memproduksi sel darah merah. (umi)
Minggu, 3 Maret 2013, 09:31 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s