Monster Mirip AlienMonster Mirip Alien Ditangkap di Amerika Serikat Ditangkap di Amerika Serikat

Berbadan bulat besar, bibir tebal, dan deretan gigi yang bergerigi

 

Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo

Belut raksasa atau lamprey yang ditemukan di New Jersey, AS

Belut raksasa atau lamprey yang ditemukan di New Jersey, AS (huffpost.com)

 

Seekor makhluk mirip belut yang berukuran raksasa berhasil tertangkap kamera di sungai Raritan, di New Jersey, Amerika Serikat. Menyeramkan, banyak yang menyebutnya mirip makhluk luar angkasa, karena makhluk besar ini memiliki badan bulat besar, bibir tebal, dan deretan gigi yang bergerigi.

Apakah ini monster laut? Mungkin juga tidak. Seorang nelayan asal New Jersey, Doug Cutler, berhasil menusuk makhluk raksasa tersebut di sungai Raritan pada tahun 2011 lalu, namun foto-foto itu baru tersebar luas di Internet.

Ia mengaku, dalam dua tahun mencari ikan di sungai, belum pernah sama sekali melihat makhluk tersebut. Ini adalah pertama kalinya Cutler menangkap makhluk menyeramkan itu.

“Seorang teman saya yang memposting foto-foto itu untuk sebuah kontes orang-orang yang menangkap hewan aneh,” kata Cutler, dilansir The Christian Science Monitor, 28 Februari 2013.

Seorang juru bicara di New York Departemen Konservasi Lingkungan mengatakan kepada surat kabar lokal, bahwa makhluk raksasa itu kemungkinan adalah sejenis ‘lamprey’ atau belut laut besar. Makhluk itu adalah sejenis vertebrata kuno yang hidup di perairan utara Atlantik.

Sementara para ahli kelautan menjelaskan, lamprey dapat memiliki panjang hingga 3,9 meter dan berat sampai 5,5 kilogram. Lamprey yang berhasil ditangkap Cutler berukuran panjang 3 meter dan berat 4,5  kilogram.

Cutler pun membantah anggapan yang mengatakan foto-foto itu adalah hasil rekayasa. “Hanya saya dan rekan saya yang memotret makhluk itu yang bisa merasakan ketakutan saat pertama kali melihatnya. Banyak orang-orang yang tidak percaya mengenai rahasia dari alam,” tegas Cutler.

Lamprey laut memiliki nama ilmiah Petromyzon marinus, yang berasal dari Mediterania dan Atlantik Utara. Umumnya mereka dapat ditemukan di perairan timur Amerika Serikat, Nova Scotia, Greenland bagian selatan, Inggris, Irlandia, dan Skandinavia.

Pada abad ke 20, spesies ini mulai menyebar ke kawasan Great Lakes, di mana mereka secara drastis mengurangi populasi ikan-ikan asli. Ya, lamprey adalah ikan belut kanibal. Ia menggunakan mulutnya untuk menghisap makanannya, seperti ikan salmon, makarel, herring, trout, bahkan hiu-hiu kecil.

Lidahnya yang kasar mampu menghisap air dan menjaring makanannya. Saat ini, keberadaan lamprey mulai berkurang, hanya satu dari tujuh populasinya yang bisa bertahan hidup. (umi)

 

Minggu, 3 Maret 2013, 10:54
© VIVA.co.id

1 Comment

  1. Mirip alien? memang manusia sudah pernah bertemu alien ?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s