Wanita China Kecanduan Memanjangkan Rambut

Ada yang tak pernah memotongnya selama 11 tahun

 

Mutia Nugraheni, Shalli Syartiqa

 

Cen Yingyuan, wanita yang kecanduan memanjangkan rambut. (Daily Mail)

Rambut panjang terurai jadi simbol keanggunan wanita. Mungkin hal itu yang ada di pikiran Cen Yingyuan, seorang wanita asal China. Ia begitu cinta dengan rambutnya, hingga tak pernah memotongnya selama 11 tahun.

Di usianya yang ke-44, panjang rambutnya sekitar 183 sentimeter. Meskipun kesulitan untuk merawat dan mengatur rambut, Yingyuan sangat bangga memilikinya. Demi mempertahankan rambutnya itu, ia mengaku melakukan perawatan ekstra.

“Jika rambut mulai ditumbuhi dengan uban, saya mengecat semuanya,” ujar wanita yang tinggal di Guigang, Guangxi, China, dikutip dari Daily Mail.

Untuk membersihkan rambut sepanjang itu, Yingyuan membutuhkan waktu satu jam. Lalu, memakan waktu setengah hari untuk membuat rambutnya kering sempurna. Apabila biasanya Anda bisa mandi sekaligus keramas, tidak demikian Yingyuan.

Rambutnya yang begitu panjang membuat dia kesulitan untuk keramas sekaligus mandi. Biasanya, Yingyuan keramas seusai mandi dengan cara membungkukkan tubuh dan memasukkan semua rambut ke dalam ember berisikan air.

Mencuci rambut dilakukan empat hari sekali dengan menggunakan sampo. Ada formula andalan untuk membuat rambut panjangnya tampak halus dan bercahaya. Yingyuan ternyata menggunakan bir untuk menjaga keindahan rambutnya.

Ia bukan satu-satunya wanita China yang memiliki rambut panjang dengan ekstrem. Ada wanita Red Yao yang merupakan kelompok minoritas di desa Huangluo Yao.

Para wanita Yao hanya memotong rambut satu kali seumur hidup pada usia 16 tahun. Mereka rata-rata memiliki rambut dengan panjang mencapai 5,5 meter. (art)

Sabtu, 2 Maret 2013, 06:02 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s