Chimaeras “Hiu Hantu” Ikan Tertua dan Paling Misterius

 

Chimaeras adalah ikan kartilaginosa dalam urutan Chimaeriformes, dikenal secara informal sebagai hiu hantu, ratfish, spookfish (dari keluarga Opisthoproctidae ), atau baronang (dari keluarga Siganidae ). Mereka mungkin menjadi “kelompok ikan tertua dan paling misterius yang masih hidup”. Kerabat terdekat mereka adalah hiu , mereka berevolusi hampir 400 juta tahun yang lalu dan tetap terisolasi sejak saat itu. Sekarang sebagian besar spesies ini hidup pada perairan yang dalam.
Chimaeras tinggal dilaut pada kedalaman 2.600 meter (8.500 kaki), dan beberapa berada di laut dangkal pada kedalaman 200 meter (660 kaki), Mereka memiliki ciri ciri tubuh memanjang, lunak, dengan kepala besar dan satu insang -pembukaan. Mereka dapat tumbuh hingga panjang 150 cm (4,9 kaki). Seperti anggota mahluk lainnya dari kelas Chondrichthyes , hiu hantu memiliki kerangka terbuat dari tulang rawan . Kulit mereka halus dan sebagian besar ditutupi oleh sisik placoid , Beberapa spesies memiliki warna antara hitam menjadi abu-abu kecoklatan. Untuk pertahanan, hiu hantu memiliki bisa yang berada pada tulang belakangnya yang terletak di depan sirip punggung.
Chimaeras menyerupai hiu dalam beberapa hal: mereka memiliki claspers untuk fertilisasi internal jenis perempuan dan memiliki telur yang kasar. Namun, tidak seperti hiu, hiu hantu laki-laki juga memiliki pelengkap seksual di dahi (sejenis tentaculum ) dan di depan sirip panggul.
Mereka juga berbeda dari hiu biasa dalam bentuk rahang atas mereka yang menyatu dengan tengkorak mereka dan mereka memiliki anal dan urogenital terpisah . Mereka tidak memiliki banyak gigi tajam seperti hiu lainnya dan hanya memiliki tiga pasang. Ketika dewasa mereka memiliki penutup insang atau operkulum seperti ikan bertulang. Chimaera adalah hewan vertebrata karena memiliki tulang belakang dan memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s