Bayi-bayi Raksasa yang Dilahirkan dengan Bobot Luar Biasa

Putro Agus Harnowo
Kamis, 28/03/2013 18:32 WIB

ilustrasi (Foto: Thinkstock)

 

Jakarta Umumnya orang tua senang jika melihat bayinya sehat dan gemuk saat dilahirkan. Namun apabila beratnya melebihi rata-rata bobot lahir pada umumnya, yaitu 2,5 – 3 kg, tentu membikin resah juga sebab proses persalinannya lebih melelahkan.

Guinness Book of World Records mencatat bayi terberat yang pernah lahir adalah seberat 10,7 kg. Sayangnya bayi yang dlahirkan di AS pada tahun 1879 itu meninggal 11 jam setelah dilahirkan. Beberapa tahun belakangan, ada juga bayi-bayi raksasa yang dilahirkan dan bertahan hidup.

Seperti dilansir Huffington Post, Kamis (28/3/2013), bayi-bayi tersebut antara lain:

 

Foto: NY Daily News

 

1. Akbar Risuddin (8,7 kg)

 

Bayi terbesar yang hidup saat ini berasal dari Indonesia. Akbar dilahirkan lewat bedah caesar pada bulan Oktober 2009 di Jakarta. Sang ibu bernama Ani menderita diabetes gestational yang diduga memicu meroketnya berat badan Akbar.

Dengan berat 8,7 kg dan panjang 62 cm, Akbar menjadi bayi hidup terbesar yang dilahirkan hingga saat ini. Berat lahir Akbar mengalahkan pemegang rekor sebelumnya asal Indonesia, yaitu bayi seberat 6,35 kg yang lahir pada tahun 2007.

 

Foto: The Sun
2. Nadia Barabanova (7,75 kg)

 

Pada tanggal 17 September 2007, Tatyana Barabanova melahirkan bayi dengan berat 7,75 kg. Wanita asal Siberia ini melahirkan di rumah sakit bersalin lokal di wilayah Altai. Bayi ini kemudian diberi nama Nadia Barabanova.

Foto: NBC News

3. JaMichael Brown (7,25 kg)

JaMichael Brown yang dilahirkan dengan bobot 7,25 kg dinobatkan sebagai bayi dengan berat lahir terberat di Texas, AS. Sang ibu, Janet Johnson, terpaksa membuang pakaian-pakaian yang sudah dibeli untuk jabang bayi karena kekecilan.

Melakukan proses persalinan pada bulan Juli 2011, Janet yang merupakan seorang perawat geriatri ini menderita diabetes gestational selama kehamilan. Ini yang nampaknya membuat bayinya lahir begitu besar.

Foto: Heavy.com

4. George King (7,1 kg)

 

Di Inggris, seorang bayi raksasa dengan berat 7,1 kg berhasil dilahirkan pada bulan Februari 2013 lalu. Demi mengantarkan si jabang bayi ke dunia, sang ibu harus menghabiskan waktu 16 jam untuk persalinan.

Dilahirkan di Gloucestershire Royal Hospital pada tanggal 11 Februari lalu, bahu bayi yang diberi nama George King ini sempat terjebak selama persalinan hingga kekurangan oksigen selama 5 menit.

Foto: fillmorecountyjournal.com
5. Axel Laverne Dolton (7 kg)

 

Seorang wanita bernama Wendi Dolton asal Minnesota melahirkan bayi raksasa pada bulan November 2010. Bayi yang diberi nama Axel Laverne Dolton ini memiliki bobot lahir seberat 7 kg.

Kelahiran Axel 3 minggu lebih cepat dari yang direncanakan, namun beratnya 2 kali lebih besar dari berat rata-rata bayi di Minnesota. Terlahir dari pasangan Wendi dan Michael Dolton, Axel merupakan anak ketiga sekaligus putra pertama keluarga Dalton.

Foto: cbc.ca
6. Chun Chun (7 kg)

 

Wang Yujuan yang ketika itu berusia 29 tahun melahirkan bayi terberat di China pada bulan Februari 2012. Awalnya ia mengira bayinya memiliki berat lahir sekitar 4 – 5 kg, tapi ternyata perkiraannya meleset. Bayi diberi nama Chun Chun ini memiliki berat lahir 7 kg dan dilahirkan di rumah sakit kota Xinxiang, provinsi Henan.

Foto: globalgrind.com

 

7. Asher Stewardson (6,35 kg)

 

Pada bulan Januari 2012, seorang ibu di Iowa bernama Kimberly Stewardson melahirkan bayi seberat 6,35 kg. Bayi yang diberi nama Asher ini dilahirkan lewat proses persalinan yang panjang, yaitu selama 6 jam. Dengan panjang 60 cm, Asher merupakan bayi terbesar yang pernah dilahirkan di Rumah Sakit Mercy, Iowa tanpa proses bedah.

Foto: ezinemark.com

 

8. Jihad Yaghi (5,9 kg)

 

Elfi Yaghi yang ketika itu berusia 40 tahun melahirkan anak ke-14 nya pada bulan November 2011. Bayi bernama Jihad ini memecahkan rekor sebagai bayi terberat yang lahir di Jerman. Sang ibu menderita diabetes gestasional yang menggangu metabolisme tubuhnya sehingga membuat jabang bayi menjadi memiliki bobot lahir yang luar biasa.

Kamis, 28/03/2013 18:32 WIB

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s