Cara Mudah Merebus Telur

Walau terlihat mudah, ternyata untuk mendapatkan hasil yang bagus saat merebus telur cukup menyulitkan orang awam yang jarang memasak. Bukannya aku pinter lho! Hehehehe.. Tapi berkat terjun langsung dalam membantu ibu di dapur aku tahu, gimana cara merebus telur yang benar. Agar telur terbentuk dengan sempurna setelah masak.

Sebelum merebusnya coba anda amati kulitnya, telur yang masih segar berkulit cerah dan bersih, kulitnya tebal dan bertekstur baik (kasar permukaannya). Jangan memilih telur yang berkulit retak. Kocok-kocok telur,jika terdengar bunyi kocokan pertanda telur telah kadaluarsa. Telur yang segar akan terendam dalam air dengan posisi horizontal karna belum ada udara masuk, tandanya telur masih padat.

 

Apabila sudah benear-benar terpilih telur yang baik masukkan beberapa telur ke dalam panci berisi air dingin, pastikan tidak terlalu penuh dan air harus merendam telur. Masak hingga mendidih selama 7 hingga 10 menit, angkat dan rendam dalam air dingin, biarkan hingga benar benar dingin, kupas dan hasilnya akan mulus.

Jika ingin kuning telur berada tepat di tengah-tengah putihnya, maka saat merebus telur harus di aduk-aduk perlahan agar kuningnya berada pas di tengah. nah satu lagi nih untuk yang enggak tahu, bahwa warna cangkang telur bisa berubah semakin cantik jika anda menambahkan sedikit sampah ampas teh atau kulit bawang merah dan putih. Warna dari ampas teh akan meresap de kulit dan terbentuklah warna yang cantik pada telur.

Sumber Bacaan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s