Studi: Flu Burung Strain Baru Beradaptasi pada Manusia

Nurvita Indarini

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Flu burung kembali muncul dengan strain baru. Di China, setidaknya 6 orang dilaporkan meninggal akibar terjangkit virus flu burung H7N9. Nah, berdasarkan studi baru, kejadian di China menggambarkan bahwa virus tersebut beradaptasi pada sel manusia sehingga perlu diwaspadai meningkatnya kemungkinan pandemi flu baru tersebut secara global.

Dikutip dari ANI, Senin (15/4/2013), para ilmuwan meneliti urutan genetik H7N9 pada empat korban manusia serta sampel yang berasal dari unggas dan lingkungan dari pasar Shanghai. Dari penelitian diketahui bahwa pada isolat manusia terdapat mutasi protein yang memungkinkan pertumbuhan virus secara efisien. Bahkan virus juga memungkinkan untuk tumbuh pada suhu di saluran pernapasan atas manusia.

Menurut pakar flu burung, Yoshihiro Kawaoka, informasi genetik dalam virus diperlukan untuk memahami bagaimana virus ini berkembang. Dengan demikian dapat digunakan untuk mengembangkan vaksin pencegah infeksi.

Seperti diketahui virus influenza bergantung pada kemampuannya untuk menempel, meniru sel-sel hidup inangnya, dan kemudian menyebar ke tubuh ‘korban’. Sebenarnya flu burung jarang menginfeksi manusia, namun virus terkadang memiliki kemampuan beradaptasi dengan kondisi tubuh manusia. Saat itu terjadi, kesehatan manusia pun menjadi berisiko.

Menurut Kawaoka, mayoritas virus dalam studi, baik yang didapat di tubuh manusia maupun dari burung, menunjukkan mutasi pada permukaan protein hemagglutinin, yang digunakan patogen untuk mengikat sel inang. Dengan mutasi itu maka memungkinkan virus lebih mudah menginfeksi sel manusia.

Penelitian bersama yang dilakukan oleh Influenza Virus Research Center, National Institute of Infectious Diseases yang dipimpin oleh Masato Tashiro dan University of Wisconsin-Madison dan University of Tokyo yang dipimpin oleh Yoshihiro Kawaoka tersebut akan dipublikasikan dalam jurnal Eurosurveillance.

Senin, 15/04/2013 11:28 WIB

(vit/up)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s