Mengenal Festival Lembah Baliem di Papua

 

Inilah festival luar biasa dan telah menjadi daya tarik pengunjung di Papua. Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati.
 
Festival Lembah Baliem berlangsung selama tiga hari

 

Indonesia‘s Official Tourism Website

Festival Lembah Baliem

 

Tinjauan

Inilah festival luar biasa dan telah menjadi daya tarik pengunjung di Papua. Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati.

Festival Lembah Baliem berlangsung selama tiga har
Tampilkan Lebih
Lihat dalam Peta

Akomodasi

Di sekitar Wamena terdapat beberapa penginapan, bahkan di antaranya sudah berkelas internasional. Oleh karena itu anda disarankan untuk memesan paket melalui pelaksana perjalanan yang akan mengatur perjalanan anda dan menyediakan transportasi dan akomodasi.
(Klik : Cari Hotel)
Tips

Jika berniat melakukan perjalanan sendiri ke daerah pedalaman maka untuk keselamatan disarankan untuk melaporkan perjalanan Anda ke Kepolisian saat tiba di bandara.

Transportasi

Anda dapat terbang dari Jakarta, Makassar, atau Bali ke Jayapura, kemudian lanjutkan penerbangan ke Wamena dengan pesawat Hercules ataupun Twin Otter. Dari sini Anda dapat langsung ke jantung Bukit Baliem pada hari yang sama.

Sejumlah agen perjalanan secara teratur mengatur wisata ke lembah Baliem. (Klik Cari Agen Perjalanan)

Kuliner

Di saat akhir peperangan akan diselenggarakan perayaan makan bersama di dekat arena perang. Jika Anda memesan paket tur maka penyelenggara akan menyediakan tempat makan untuk Anda. Di sini Anda juga tentunya dapat menikmati pertunjukan musik dan tari tradisional dimana Anda dapat ikut bergabung.

Kegiatan

 

 

Selama festival, siapkan kamera Anda dalam memori berkapasitas besar. Karena Anda akan banyak melihat hal-hal unik yang tidak boleh dilewatkan. Peserta suku yang terlibat lebih dari seribu orang dengan mengenakan tanda-tanda kebesaran suku mereka. Ada yang unik yaitu mereka menggunakan kacamata hitam trendy meski dalam pakaian tradisional. Mintalah mereka dengan sopan agar berpose bersama Anda karena jelas ini hal yang tidak biasa yang tidak boleh dilewatkan.

 

 

Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan pikon atau alat musik tradisional yang mengisahkan kehidupan manusia. Ada juga karapan babi yang manjadi atraksi menarik dan menimbulkan keriuhan peserta dan pe. Selain itu Anda dapat menyaksikan perlombaan memanah, melempar sege atau tongkat ke sasaran, puradan yaitu menggulirkan roda dari anyaman rotan, dan sikoko yaitu melempar pion ke sasaran. Perlombaan-perlombaan ini dapat Anda ikuti secara langsung.

Yang perlu Anda lakukan selama festival hanya mengamati dan menikmati perang saja sambil memotret. Semakin lama festival ini berlangsung maka suasana perang dengan tombak, parang, dan panah yang menghantam lawan akan semakin dekat dan seru. Semakin banyak tombak yang meleset maka semakin keras sorakan dari ratusan pe. Suku-suku ini telah mengikuti festival perang setiap tahun sehingga acaranya semakin menarik tiap tahunnya.

 

 

Setelah festival selesai, pengunjung dapat berjalan-jalan ke Pasar Suku Dani di Wamena dan mengunjungi Desa tradisional Wauma yang dapat dicapai dengan mobil dari Wamena. Di Ai**** Anda dapat melihat mumi kepala desa yang telah berumur 250 tahun. Dari Ai**** setelah mendaki 2 jam Anda dapat melihat mata air garam yang telah digunakan wanita suku Dani selama berabad-abad untuk membuat garam dengan cara yang sederhana.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s