Manfaat Sehat Beras Merah

 

Ajeng Anastasia Kinanti

ilustrasi (Foto: Getty Images)

 

Jakarta, Beras putih merupakan makanan yang kehadirannya selalu menjadi yang utama dalam menu makan sehari-hari. Namun, seringkali orang yang ingin menurunkan berat badan lebih memilih beras merah karena dianggap lebih sehat.

Dari segi rasa, beras putih memang dapat dikatakan lebih enak. Beras putih yang sudah dimasak menjadi nasi memiliki rasa sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan beras merah.

“Beras merah dapat dikatakan lebih sehat karena proses penyulingan yang dilewatinya hanya menghapus kulit dari biji beras, sehingga nutrisinya tetap utuh. Di sisi lain, beras putih mengalami proses penggilingan dan penggosokan, sehingga beberapa nutrisinya hilang,” ungkap Mickey Mehta, seorang ahli kesehatan, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (15/5/2013).

Sekitar 1 cangkir beras merah terdiri atas 88 persen mangan, 27,3 persen selenium, 20,9 persen magnesium, 18,7 persen triptofan dan kalori hanya 12 persen kalori. Proses perubahan beras dari merah menjadi putih menghancurkan sekitar 60 persen zat besi, 80 persen vitamin B1, 67 persen vitamin B3, 90 persen vitamin B6, 60 persen dari besi dan hampir setengah fosfor, mangan dan serat makanan alami yang ada dalam beras.

Beras merah dikatakan oleh ahli memiliki sifat yang baik bagi jantung. Oleh karena konsentrasinya berserat, beras merah memberi efek yang membuat usus bergerak secara sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi 1 cangkir beras merah yang dimasak memenuhi sekitar 80 persen dari kebutuhan harian mangan dalam tubuh. Mangan berfungsi untuk membantu pembentukan kolesterol sehat. Beras merah juga meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Mengganti nasi putih dengan beras merah dalam menu makan sehari-hari dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

“Seperti gandum, beras merah juga merupakan jenis gandum-utuh. Beras merah yang alami atau organik adalah yang terbaik karena dikemas dengan menjaga semua zat gizi penting dan vitaminnya,” tutur Mehta.

Rabu, 15/05/2013 07:22 WIB

(vit/vit)

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • May 2013
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031