7 Bahan Manis Pengganti Gula

 

Rasa manis dapat diperoleh dari beberapa bahan, seperti madu

 

 

Maya Sofia, Tasya Paramitha

 

 

 

Gula adalah salah satu bahan utama yang paling dihindari jika ingin menjaga kesehatan tubuh (istock)

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang peduli pada kesehatan. Salah satunya menjaga asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Gula adalah salah satu bahan utama yang paling dihindari, jika ingin menjaga kesehatan tubuh. Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus benar-benar mengkonsumsi makanan dan minuman tanpa rasa manis.

Rasa manis dapat Anda dapatkan dari beberapa bahan pengganti gula berikut ini seperti dilansir laman Allwomenstalk.

1. Madu

Madu adalah pengganti gula yang paling populer dan banyak digunakan. Memasak dengan menggunakan madu membuat masakan menjadi lebih kaya rasa dan cita rasa yang dihasilkan berbeda-beda tergantung dengan jenis madu yang Anda gunakan.

2. Stevia

Stevia merupakan tanaman yang tumbuh di Amerika Selatan dan saat ini pamornya semakin naik sebagai pengganti gula. Walaupun begitu, stevia belum dinyatakan sebagai makanan yang aman dikonsumsi oleh FDA. Rasa manis stevia 300 kali lipat dari rasa manis gula.

3. Molasses

Walaupun molasses merupakan byproduct gula, beberapa orang masih mempertimbangkannya sebagai pengganti gula yang lebih sehat. Molasses memiliki cita rasa yang lebih kuat, namun tidak semanis gula. Bahkan, faktanya molasses mengandung lebih banyak asam daripada gula.

4. Sirup beras merah

Sirup yang terbuat dari beras merah memiliki rasa yang hampir sama dengan karamel dan butterscotch. Satu sendok teh sirup beras merah hanya mengandung sekitar 13 kalori. Tak hanya itu, sirup beras merah juga sangat menyehatkan karena mengandung zinc, magnesium dan sederet vitamin serta nutrisi lainnya.

5. Sirup maple

Sirup maple seringkali digunakan sebagai teman makan pancake atau sebagai bahan tambahan roti, kue dan pastry. Walaupun rasanya tidak terlalu manis, sirup maple memiki cita rasa buah maple yang kuat dan lebih kaya rasa.

6. Agave nectar

Agave nectar sering disebut sirup agave merupakan pemanis yang diproduksi secara komersil dari beberapa spesies agave termasuk Agave tequilana (agave biru) dan Agave salmiana. Agave nectar memiliki rasa yang lebih manis daripada madu dan konsistensinya lebih encer dibandingkan dengan madu. Tanaman ini umumnya tumbuh di Meksiko dan Afrika Selatan.

7. Whey low

Whey low adalah alternatif alami pengganti gula yang terbuat dari campuran fruktosa, laktosa dan sukrosa. Walaupun memiliki rasa manis, whey low sangat rendah kalori dan tidak memiliki efek negatif seperti gula biasa.

Sabtu, 18 Mei 2013, 01:07 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • May 2013
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031