Awas, Lampu LED Dapat Merusak Mata

Sekali rusak, retina mata tidak akan kembali lagi. Tak dapat regenerasi

 

 Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo

Menonton televisi (ilustrasi)
Menonton televisi (ilustrasi) (Corbis)

 

Penelitian terbaru mengungkapkan ternyata lampu Light Emitting Diode (LED) dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata, tepatnya retina mata manusia.

Para peneliti menjelaskan, kontak mata yang terlalu lama dan berkesinambungan terhadap sinar LED akan merusak sel-sel retina. Jika sel-sel itu sudah rusak, maka tidak akan bisa diganti atau tidak dapat regenerasi.The Hindu melansir, 17 Mei 2013, tingginya tingkat radiasi dari “sinar biru” akan menjadi epidemi global. Karena lampu LED sudah banyak digunakan pada layar komputer, ponsel, dan TV.

Bahkan, dewasa ini, tak sedikit lampu jalan dan lampu lalu lintas yang sudah menggunakan lampu LED. Para ahli pun menyerukan agar membuat filter untuk mengurangi dampak dari “sinar biru” pada lampu LED.

Dr Celia Sanchez Ramos, investigator dari Madrid Complutense University, Spanyol, mengatakan sel-sel retina tidak akan pernah meregenerasi sendiri setelah rusak.

“Sinar biru dari lampu LED menjadi salah satu penyebab masalah kerusakan mata,” kata Ramos. “Lampu LED akan menjadi teknologi yang fantastis, jika memiliki perlindungan (filter) yang memadai.”

Untuk diketahui, dalam setahun, mata manusia terbuka selama 6.000 jam. Waktu yang panjang itu menjadi penyebab mata mengalami kerusakan akibat banyaknya cahaya buatan yang masuk.

Ramos menjelaskan, masalah kerusakan mata pada manusia dapat menjadi lebih buruk karena sejak berusia muda anak-anak sudah terbiasa menggunakan perangkat elektronik, terutama TV.

“Cara terbaik melindungi mata adalah dengan menggunakan kacamata yang telah dilengkapi dengan filter sinar UV. Selain itu, lebih sering mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A,” ujar Ramos. (eh)

Jum’at, 17 Mei 2013, 15:03
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s