Mengenal Lima Zat Racun Dalam Rokok

Semua zat berbahaya ini mengacu pada kanker dan kerusakan paru-paru

 

Mona Indriyani

 

Rokok mengacam kesehatan secara perlahan. (health. india.com)

Bagi sebagian orang, rokok adalah solusi kehidupan. Terutama saat mereka dilanda stres dan dihadapi oleh beragam masalah berat. Bahkan, tak sedikit juga mereka berpikir rokok adalah obat percaya diri, yang dapat membuat mereka tampil gaya dan keren.

Dibalik semua pemahaman tersebut, pernahkah Anda berpikir mengapa rokok itu dilarang dan berbahaya? Berikut ini kandungan zat dalam rokok yang menjadi racun bagi yang menghisap, maupun orang ada di sekelilingnya, seperti yang ditulis Health.india.com.

Bensol

Ini adalah senyawa kimia yang hadir dalam minyak mentah dan merupakan salah satu petrokimia paling dasar, biasa digunakan dalam pestisida dan bensin. Ini adalah karsinogen yang paling mungkin menyebabkan leukemia (kanker darah) pada manusia. 50 Persen dari paparan benzena disebabkan karena merokok. Kontak yang terlalu lama juga dapat menyebabkan anemia, kerusakan genetik dan perdarahan yang berlebihan.

Formaldehida

Formaldehida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Efek sampingnya, iritasi mata dan batuk, terutama pada orang sekitar yang terpapar asap rokok.

Tar

Ini adalah istilah kolektif yang digunakan untuk menggambarkan partikel yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau. Seperti yang terlihat pada jari dan gigi, yang berwarna kuning-cokelat. Tar juga dapat mengiritasi sistem pernapasan, sehingga menjadi sulit bernapas.

Arsenikum
Seiring waktu, arsenikum yang terakumulasi dalam tubuh akan membuat seseorang berujung pada kanker dan kerusakan jantung. Efek negatif lainnya adalah, zat ini dapat mengganggu kemampuan sistem tubuh untuk memperbaiki DNA.

Khrom

Digunakan untuk membuat paduan logam, pewarna dan cat dan pengawet kayu dan diketahui menyebabkan kanker paru-paru. (umi)

Rabu, 29 Mei 2013, 15:36 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s