Kecanduan Cola Sama Seperti Kecanduan Kokain?

 

Asam dalam minuman secara perlahan akan menggerogoti enamel gigi

 

 

Mona Indriyani

 

 

Kecanduan soda sama dengan kecanduan kokain. (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

Sebuah penelitian baru menunjukkan, konsumsi minuman soda dalam waktu berkepanjangan, dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Gangguan mulut ini sama dengan efek samping dari penyalahgunaan metamfetamin atau kokain, seperti yang ditulis Business insider.

Asam dalam minuman tersebut secara perlahan akan menggerogoti enamel gigi. Permukaan gigi yang tadinya keras dan bewarna putih bak mutiara, akan berubah menjadi rapuh, retak, berlubang dan menguning.

Selain kesehatan gigi, minuman ini juga berdampak pada obesitas, depresi dan diabetes. Berikut ini adalah 4 fakta menakutkan seputar konsumsi minuman soda.

1. Meningkatkan Serangan Jantung

Para peneliti dari Havard School of Public Health, menemukan, konsumsi minuman manis buatan, seperti yang ada dalam soda, meningkatkan risiko serangan jantung pada pria.

2. Dapat Jadi Karsinogen

Sebuah studi independen pada tahun 2012 oleh   Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum, menemukan senyawa 4-methylimidazole (4-MI) pada minuman Coke, Coke Diet, Pepsi dan Pepsi diet. Senyawa tersebut digunakan untuk pewarna cokelat minuman. Yang menjadi masalah adalah kadar dari senyawa tersebut melebihi batas maksimum yang telah ditetapkan pihak keamanan pangan.

3. Membangun Lemak
Dalam American Journal of Clinical Nutrition menuliskan, orang yang minum soda memiliki total lemak jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang minum susu. Padahal susu dan soda memiliki total kalori yang sama.

4. Memperpendek Umur

Tingginya tingkat fosfor dalam cola berkontrubusi terhadap umur seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, kandungan fosfor yang tinggi dalam darah memperpendek umur binatang tersebut.

Jum’at, 31 Mei 2013, 00:54 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • May 2013
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031