Tidur Kurang Enam Jam, Risiko Terkena Diabetes

Tidak sedikit mereka yang masih berusia muda dan remaja kena diabetes

 

 Beno Junianto

Cek darah
Cek darah  

 

Diabetes masih menjadi penyakit yang ditakutkan banyak masyarakat di Tanah Air. Tidak sedikit mereka yang masih berusia muda dan remaja, terserang penyakit yang berisiko ini.

Seperti yang dilansir laman Healthmeup, bahwa dari hasil studi, kematian yang disebabkan oleh diabetes dapat dihindari jika orang-orang mau mengubah pola makan, mengurangi konsumsi alkohol, lebih banyak berolahraga, dan rajin memeriksakan kesehatan.

Bahkan, sebuah studi mengatakan bahwa remaja yang tidur kurang dari enam jam setiap hari juga rentan akan terkena diabetes. Penelitian itu dilakukan dengan menguji durasi tidur dan kadar resistensi insulin dari 245 pelajar.

“Kami menemukan bahwa remaja yang tidur 7 jam setiap hari akan mencegah resistensi insulin dalam tubuh,” ujar Karen Matthews salah satu peneliti dari University of Pittsburg.

Dia juga menambahkan, penderita diabetes dari kalangan remaja sangat mudah mengalami komplikasi dari penyakit lain seperti peningkatan risiko ginjal, terserang masalah kardiovaskular, dan gangguan pendengaran.

“Penelitian ini menunjuk pada remaja yang sehat, antara tidur yang lebih pendek dan resistensi insulin yang berkembang dari obesitas,” ujar Matthews.

Namun, bagi para penderita diabetes, beberapa sayuran disarankan untuk dikonsumsi. Untuk sayuran, seseorang bisa mengonsumsi pare, asparagus, labu, selada, dan buncis. Semuanya akan membantu melakukan kontrol gula darah dalam tubuh. (art)

Sabtu, 29 Desember 2012, 16:08
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s