Studi: Nonton TV Dapat Tingkatkan Kemampuan Otak Anak

 

Studi ini melibatkan 11.000 anak-anak di Inggris. Apa alasannya?

 

 

 

Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo

 

 

Seorang anak menonton TV (foto ilustrasi)

Seorang anak menonton TV (foto ilustrasi) (forbes.com)

 

Tim peneliti dari University of London, Inggris, menemukan anak-anak yang menonton televisi lebih dari tiga jam dalam sehari selama tiga bulan telah meningkat kemampuan akademisnya.

Hasil penelitian ini bertentangan dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menyatakan, anak-anak yang sering menonton televisi justru akan menurun kemampuan akademisnya.

Penelitian ini juga menemukan, aturan orangtua yang memaksa anak untuk meningkatkan kemampuan akademis dengan mengatur jam makan, tidur, dan menonton televisi, hanya akan membuat perbedaan kecil dalam kemampuan akademis anak.

Menurut Alice Sullivan, Akademik Senior di Institute of Education, University of London, jangan meremehkan nilai-nilai pendidikan yang ada di televisi.

“TV telah membantu anak menemukan kosa kata baru yang tidak didapatkan di dalam rumah,” kata Sullivan, dilansir Telegraph, 26 Juni 2013.

Penelitian ini juga melibatkan anak-anak dari kelas sosial yang sama, mulai dari kemampuan membaca dan menulis sampai waktu makannya, serta jam tidurnya.

“Hasilnya, kelas sosial dan pendidikan orang tua adalah faktor dominan dalam menentukan kemampuan akademis anak-anak,” ujar Sullivan.

“Temuan lainnya, anak-anak yang memiliki orangtua dengan pendapatan cukup berbeda dengan orang tua yang memiliki gaji pas-pasan. Pendapatan yang lebih cukup berpengaruh pada peningkatan kemampuan akademik anak,” tambahnya.

Penelitian ini meneliti 11.000 anak-anak Inggris yang berusia tujuh tahun dan menjadi program jangka panjang bernama Millennium Cohort Study. (umi)

Rabu, 26 Juni 2013, 11:56
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s