FOTO: Wajah Bumi dan Bulan dari Saturnus

Cassini berhasil mengambil gambar dari jarak 1,4 miliar kilometer

 

 Muhammad Chandrataruna

 

Saturnus [Foto ilustrasi]

Saturnus [Foto ilustrasi] (blogit.yle.fi)

 

BERITA TPernahkah terbayang oleh Anda, seperti apa wajah Bumi dan bulan dari jarak jutaan kilometer? Mungkin pernah. Sekadar dalam mimpi atau sebatas imajinasi. Seperti apa wajahnya, mungkin Anda hanya meraba-raba.

Tapi, baru-baru ini, sebuah pesawat Cassini yang terbang sekitar 898,4 juta mil (setara 1,4 miliar kilometer) dari tempat kita berdiri sekarang ini berhasil mengambil gambar Bumi dan bulan.

Gambar itu telah dibubuhi komposit warna dari gambar mentahnya, yakni dengan gelombang cahaya merah, hijau, dan biru. Bintik-bintik yang berada ditepi adalah bintang-bintang, terlihat seperti latar belakang.

Bintik-bintik lain adalah wujud dari energi besar yang menyebar tak beraturan dan telah diminimalisir atau bahkan dihilangkan dengan komputer.

Seperti apa gambar itu? Ini dia.

Ya, gambar paling terang itu adalah Bumi yang berada sejajar dengan matahari alias gerhana, terjadi pada pukul 22:24 UTC (Corrdinated Universal Time) atau GMT pada 19 Juli 2013 silam.

Titik terang di bawahnya adalah bulan yang memantulkan sinar Matahari. Jika ingin melihat foto aslinya, Anda dapat mengklik tautan ini,

https://i0.wp.com/saturn.jpl.nasa.gov/multimedia/images/raw/casJPGFullS79/N00213958.jpg

Posisi kamera pada Cassini memungkinkan untuk mengubah kamera ke arah matahari, di mana Bumi akan terlihat tanpa merusak detektor sensitif pesawat ruang angkasa.

“Kami berharap Anda bisa bergabung dengan kami dengan melambai ke Saturnus dari Bumi, sehingga kita bisa merayakan kesempatan khusus ini,” kata Linda Spilker,ilmuwan proyek Cassini di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

 

Senin, 22 Juli 2013, 06:02
© VIVA.co.id

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s