Petang Megang, Ritual Pembersihan Jiwa Khas Melayu

Mirip dengan tradisi padusan di daerah Jawa

Wuri Handayani

Petang Megang di Sungai Siak

Meski sudah memasuki minggu kedua Ramadan, kisah penyambutannya tetap menjadi cerita hangat. Berbagai ritual pun sudah dilakukan masyarakat di berbagai daerah. Seperti halnya di Pekanbaru.

 

Kota bertuah ini memiliki petang megang, ritual penyambutan Ramadan yang diadaptasi dari budaya Melayu. Kegiatan petang megang dipusatkan di pinggiran Sungai Siak yang membelah kota.

Soal antusiasme warga, jangan ditanya. Beberapa jam sebelum acara dimulai saja, orang-orang sudah bersiap di sekitar Jembatan Siak. Menenteng rebana, lengkap dengan pakaian teluk belanga yang menambah kesakralan acara.

Petang megang sendiri awalnya merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Melayu. Berupa mandi dengan wangi-wangian, semisal air limau. Oleh karena itu, tradisi ini juga kerap disebut dengan petang balimau. Maknanya: Membersihkan diri dari segala macam kotoran, baik yang menempel dalam raga maupun jiwa.

Konsep pembersihan diri ini sebenarnya juga kerap ditemui di jawa Tengah. Di Klaten misalnya. Masyarakat menyebutnya sebagai padusan. Diambil dari kata adus yang berarti mandi.

Padusan versi Pekanbaru ini digelar dengan cukup semarak. Sebelum acara inti, warga melakukan ziarah makam pendiri Pekanbaru di Senapelan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan hiburan, seperti persembahan tari-tarian dan lagu-lagu melayu hingga lomba menangkap itik.
Gelaran petang megang yang dilaksanakan setiap tahun ini, sekaligus sebagai upaya pelestarian tradisi turun-temurun masyarakat Melayu.

Senin, 22 Juli 2013, 09:58 WIB
Oleh: dansapar

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s