Purnama Dapat Mengganggu Tidur Manusia

Penulis : Yunanto Wiji Utomo

Bulan purnama dengan latar depan patung Kristus Penebus di atas bukit Corcovado di Rio de Janeiro, Brasil, 25 Mei 2013. Paus Francis akan mengunjungi Rio de Janeiro selama acara World Youth Day pada 23-28 Juli. | AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBA

Peneliti asal Swiss pada Kamis (25/7/2013) mengumumkan hasil penelitian yang mengejutkan. Purnama tanpa disadari ternyata membuat manusia lebih sulit tidur.

Kesimpulan diambil setelah melakukan studi kepada 33 sukarelawan. Para sukarelawan dipantau tidurnya selama dua hari berbeda tanpa diberi tahu atau memahami bahwa Bulan sedang dalam fase purnama.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology menyatakan, bahwa purnama membuat manusia lebih sulit tidur dan tidur lebih pendek.

Dinyatakan, saat purnama, manusia tidur 19 menit lebih pendek dan membutuhkan waktu lima menit lebih lama untuk bisa tidur.

“Siklus Bulan sepertinya memengaruhi tidur manusia walaupun seseorang tidak ‘melihat’ atau menyadari fase Bulan,” kata Christian Cajochen dari Psychiatric Hospital, University of Basel, yang melakukan penelitian, seperti dikutip AFP, Kamis.

Dalam publikasinya, Cajochen juga melaporkan, bahwa selama purnama, sukarelawan yang diteliti kurang dapat beristirahat dengan baik. Lewat analisis, diketahui bahwa level melatonin, hormon yang mengendalikan tidur dan bangun manusia, lebih rendah.

Studi ini menyajikan bukti pertama, bahwa purnama memengaruhi tidur manusia. Penelitian lebih lanjut mungkin akan mengungkap, bahwa purnama juga memengaruhi mood dan performa mental seseorang.

Jumat, 26 Juli 2013 | 08:15 WIB

Editor : Yunanto Wiji Utomo

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s