Cegah Tulang Keropos dengan 8 Makanan Kaya Vitamin D

Kesehatan tulang sebaiknya dijaga sejak dini

Maya Sofia, Tasya Paramitha

Jamur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D. (istock)

Kepadatan tulang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu kesehatan tulang adalah hal yang harus dijaga sejak dini.

Mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin D merupakan salah satu cara memiliki tulang yang kuat dan tidak mudah keropos. Walaupun sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, jumlah makanan yang mengandung vitamin D terbilang cukup sedikit.

Berikut daftarnya seperti dilansir laman Boldsky.

Jamur

Jamur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memiliki konsentrasi nutisi ini yang cukup tinggi. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayuran lainnya, jamur juga kaya akan zinc dan protein.

Minyak ikan cod

Asupan yang satu ini seringkali dijadikan suplemen. Minyak berasal dari hati ikan cod yang diekstrak menjadi kapsul dan sangat kaya akan vitamin D.

Ikan tuna

Beberapa ikan yang hidup di lautan dengan suhu dingin mengandung vitamin D yang cukup banyak. Salah satunya ialah ikan tuna yang ternyata sangat tinggi akan vitamin D. Pastikan Anda mengkonsumsi ikan tuna yang segar dan bukan yang kalengan karena ikan tuna segar masih memiliki kandungan sodium yang tinggi.

Telur

Telur juga mengandung vitamin D walaupun tidak mampu mencukupi asupan yang disarankan sehari-hari. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan lain yang kaya akan vitamin D selain telur.

Kaviar

Makanan termahal di dunia ini selain lezat juga sangat tinggi akan kadar vitamin D. Kaviar juga mampu membantu Anda memiliki jantung yang sehat.

Kedelai

Bagi Anda yang kekurangan vitamin D, mungkin sudah saatnya untuk mengganti susu biasa dengan susu kedelai. Begitu juga mengganti produk susu seperti keju dengan tahu atau produk kedelai lainnya. Susu hanya mengandung kalsium, sedangkan kedelai mengandung kalsium serta vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang Anda.

Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan yang dingin dan sangat tinggi akan kandungan vitamin D. Untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, cara terbaik memasak salmon adalah dengan dibakar atau dipanggang.

Kerang

Jenis seafood yang satu ini tak hanya lezat namun juga kaya akan jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain vitamin D, kerang juga tinggi akan kandungan vitamin B12, selenium, dan zat besi. (eh)

Kamis, 25 Juli 2013, 14:26 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • August 2013
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031