Turunkan Risiko Sakit Jantung Hingga Langsingkan Tubuh dengan Cokelat

Vela Andapita

Foto: Ilustrasi/ Thinkstock
Jakarta, Cokelat tidak hanya enak dikonsumsi tetapi juga dapat memberi manfaat sehat yang luar biasa. Tidak ada salahnya Anda meminum dua cangkir cokelat hangat dalam sehari untuk mendapatkan manfaat sehatnya seperti mengurangi risiko sakit jantung hingga melangsingkan tubuh.

Sebuah jurnal Neurology yang terbit pada Agustus lalu menunjukkan, bahwa partisipan dalam penelitian yang meminum dua cangkir kokoa atau coklat hangat dalam sehari selama 30 hari, menunjukkan peningkatan aliran darah menuju otak sebesar 8,3 persen. Hal ini kemudian membuat hasil uji daya ingat dan berpikir juga meningkat.

Dikutip dari Live Science, Kamis (19/9/2013), berikut ini manfaat sehat yang dapat didapat dari mengonsumsi cokelat:

1. Baik untuk jantung

Mengonsumsi cokelat secara rutin setiap hari dapat menurunkan resiko serangan jantung, bahkan juga resiko stroke bagi beberapa orang. Hal ini tertulis dalam jurnal BMJ, dari hasil penelitian sepanjang tahun 2012 lalu.

2. Melangsingkan tubuh

Selama ini cokelat dikenal sebagai makanan yang menggemukkan badan. Ternyata pernyataan itu tidak selalu benar. Sebuah penelitian membuktikan orang yang mengonsumsi cokelat secara rutin dalam dosiss atau porsi yang tepat, memiliki Indeks Massa Badan yang lebih rendah dari pada yang tidak rutin memakan cokelat. Penelitian ini tertulis dalam jurnal Archives of Internal Medicine pada tahun 2012.

3. Mengendalikan nafsu makan

Cokelat mengandung serat yang cukup padat, sehingga dapat menjadi penekan nafsu makan yang alami. Jadi, apabila Anda sangat ingin cokelat dan akhirnya memakan cokelat tersebut, Anda akan memakan kalori dengan jumlah yang lebih sedikit daripada, apabila Anda menghindari cokelat dan mencari makanan lainnya.

Meski baik bagi kesehatan, sebaiknya Anda jangan sembarang memakan cokelat. Anda juga harus cermat memilih kualitas, jenis, serta jumlah cokelat yang dikonsumsi.

Semakin pekat warna cokelat, maka semakin baik bagi kesehatan. Cokelat yang berwarna gelap adalah cokelat yang lebih murni dan lebih bermanfaat, meskipun rasanya memang lebih pahit daripada cokelat olahan lainnya. Mengapa lebih bermanfaat? Sebab kandungan serat, magnesium, dan antioksidannya masih belum terkontaminasi zat campuran lain.

Cokelat bubuk instan yang dapat Anda seduh sendiri ternyata lebih baik daripada minuman cokelat kemasan. Terlebih lagi jika Anda menyeduh cokelat bubuk tanpa gula. Namun, Anda boleh menambahkan gula sendiri, dengan demikian Anda dapat memastikan pemanis yang digunakan bukan pemanis yang buruk untuk kesehatan.

Jika tidak suka dengan cokelat yang pahit, Anda dapat berkreasi dengan menaburkan cokelat pekat di atas oatmeal, sereal, atau kue favorit.

Kamis, 19/09/2013 18:41 WIB

(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • September 2013
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30