Rp 36 Miliar Dikucurkan untuk Teliti Interaksi Manusia dan Ayam

 

Nurvita Indarini

 

 

Ilustrasi (Foto: Getty Images)

 

Jakarta, Enam universitas di Inggris mendapat dana penelitian sebesar sekitar Rp 36 miliar. Dengan dana tersebut, para mahasiswa dari universitas diminta untuk melakukan penelitian terkait interaksi manusia dan ayam.

Penelitian akan dilakukan dalam kurun tiga tahun, dimulai pada Januari tahun depan. Nah, mahasiswa akan melakukan sejumlah perjalanan ke Kuba dan Ethiopia untuk melihat bagaimana manusia berinteraksi dengan ayam. Demikian dikutip dari Mirror, Jumat (20/9/2013).

Rencana penelitian ini dinilai aneh dan tidak jelas oleh beberapa kalangan. Misalnya saja Robert Oxley dari Aliansi Pembayar Pajak. “Terus terang ini tidak masuk akal mengalokasikan sejumlah uang untuk studi yang konyol,” ucapnya.

Oxley sangat menyayangkan pengeluaran dana sebesar itu untuk kegiatan yang absurd. Apalagi bila dana itu asalnya dari hibah para pembayar pajak.

Sementara itu Arts and Humanities Research Council yang berada di balik penyelenggaraan penelitian mengatakan ada lebih dari 20 miliar ayam di seluruh dunia. Meski demikian sejarah sosial budaya mengapa ayam begitu lekat dengan manusia tidak banyak diketahui. Dia berharap studi ini bisa memberikan informasi yang memadai.

Para peneliti akan memeriksa ayam peliharaan yang tersebar di Eropa, termasuk sejarah pemanfaatan daging dan telurnya oleh manusia. Akan dicari tahu pula signifikansi budaya kuno dan modern dari burung. Dalam studi yang akan dipimpin oleh Bournemouth University ini, mereka juga akan meneliti tulang ayam guna melihat perkembangan ras tertentu.

Sementara itu pemimpin projek penelitian, Mark Maltby, menyebut hibah untuk mendanai penelitian tersebut mungkin terlihat besar, akan tetapi dana akan dibagi ke universitas-universitas yang terlibat. Lagipula menurutnya penelitian itu penting untuk mengungkap segala hal di balik ayam yang nantinya akan memberikan pemahaman yang luas, termasuk sejarah manusia memelihara ayam.

“Ini adalah kesempatan yang fantastis untuk bekerja dengan tim dari berbagai disiplin ilmu,” kata Maltby.

Jumat, 20/09/2013 19:30 WIB

(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • September 2013
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30