Hyperion Merupakan Pohon Tertinggi di Dunia

Pohon tertinggi di dunia adalah coast redwood (Sequoia sempervirens), dijuluki Hyperion, nama seseorang dalam mitologi Yunani. Pohon ini tingginya kurang lebih 115,72 m (379,7 kaki)! Pohon besar ini ditemukan baru pada bulan Agustus 2006 di bagian terpencil di Redwood National Park, California oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor. Pengukuran pertama mereka dilakukan dengan peralatan laser secara profesional berdasarkan ilmu ukur sudut.

Coast Redwood, merupakan salah satu dari tiga jenis pohon Sequoia, bersama-sama dengan giant sequoia (Sequoiadendron giganteum) dan dawn redwood (Metasequoia glyptostroboides). Coast redwood tumbuh di daerah, pantai sepanjang Samudra Pasifik di barat dan barat laut Amerika Serikat (kebanyakan California). Ini adalah pohon tertinggi di dunia.

Pada bulan September 2006 pohon itu diukur kembali oleh Steve Sillett. Kali ini dilakukan dengan cara yang paling akurat: ia naik ke atas pohon untuk menjatuhkan/menjulurkan pita panjang dari puncak langsung ke tanah. Pengukuran ini difilmkan untuk National Geographic (Lihat video dibawah).

Pada bulan Juni dan Juli 2006 beberapa pohon tinggi lainnya ditemukan: “Helios” (nama dewa matahari Yunani), (114,09 m), “Icarus” (113.14 m), dan “Daedalus “(110.76 m).

Penemuan-penemuan pohon tinggi tahun 2006 ini memang luar biasa: pohon-pohon tampak tumbuh di lereng dan bukan di tengah-tengah lembah di mana air paling banyak, dan di mana semua pesaing sebelumnya untuk “pohon hidup tertinggi di dunia”, tumbuh. Ini berarti bahwa bukan tidak mungkin bahwa ada pohon yang lebih tinggi, karena lokasi mereka, jarang dikunjungi orang.

Pada tahun 2007 Chris Atkins dan Michael Taylor sudah memindai sebagian besar lokasi-lokasi baru yang tak terduga. Mereka pikir sudah kecil kemungkinan ada pohon yang lebih tinggi dari Hyperion akan ditemukan, tapi kita tidak pernah benar-benar tahu.

Hyperion ini adalah pohon yang cukup beruntung: hanya beberapa ratus meter dari pohon ini adalah daerah terakhir dari lokasi penebangan hutan di tahun tujuh puluhan. Sekitar dua minggu sebelum Hyperion juga akan diserang oleh gergaji rantai, lembah ini dimasukkan ke daerah yang dilindungi, Redwood National Park selama pemerintahan Carter. Perusahaan penebangan yang tahu daerah ini akan dilindungi, bekerja 24 jam sehari tiap minggu di lembah-lembah yang luas dan terus melakukan penebangan hutan redwood yang telah ada di sana jauh sebelum manusia memasuki lembah-lembah tersebut.

 

 

Pada tahun tujuh puluhan, hanya 15% dari hutan redwood yang tersisa, saat ini hanya 4% yang masih ada dan bahkan hari ini, saat Anda membaca ini, hutan tua di California sedang ditebangin.

 

 
 

Menurut standar redwood, Hyperion masih cukup muda dan masih terus berkembang dan tumbuh. Sillett berpikir pohon ini mungkin “baru” 600 tahun usianya, yaitu sekitar 20 tahun jika dia manusia.

Sampai Juli 2006 Sequoia sempervirens tertinggi yang dikenal adalah “Stratosphere Giant” (gambar di bawah). Tingginya adalah 112,83 m (10 kaki lebih rendah dari Hyperion, diukur pada tahun 2004, Steve Sillett) dan ditemukan pada bulan Agustus tahun 2000 (oleh Chris Atkins) di Humboldt Redwoods State Park, California, di mana banyak pohon raksasa tumbuh. Sangatlah sulit untuk melihat kemegahan dan tinggi pohon tersebut dari foto. Foto di bawah ini memberikan sedikit rasa skala.: Bandingkan pemanjat berbaju biru dengan pohonnya

 


Stratosphere Giant (370 kaki). Karena ukurannya yang tinggi, fotografer harus
mengambil banyak foto, kemudian menyatukannya.

 

Sama seperti halnya dengan raksasa lainnya, “Giant Federation” (112 m), lokasi tepat nya dirahasiakan oleh penjaga taman untuk menghindari serbuan wisatawan berkunjung ke pohon ini. Ini bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang rapuh dari hutan dan dapat membahayakan pohon secara langsung: di masa lalu sudah ada pohon-pohon tinggi yang merana karena menjadi terlalu populer

 

Untuk menunjukkan gambaran seberapa tinggi 115,72 m (379,7 kaki) itu kepada anda, bayangkanlah: tinggi Big Ben di London adalah 96,3 m (316 kaki), bahwa dari patung Liberty adalah 46,5 + 46,9 m (151 + 154 kaki), sehingga kedua konstruksi tinggi sebagian besar lebih rendah dari pohon-pohon ini.

Perhatikan bahwa meskipun pohon hidup tertinggi di dunia adalah redwood coast, pohon hidup terbesar di planet ini adalah spesimen dari spesies terkait, yaitu giant sequoia. Giant Sequoia terbesar bernama “General Sherman”.

 

Sumber National Geographic dan sumber lainnya

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • October 2013
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031