Mengukur Umur Alam Semesta Menggunakan Kalender Kosmis

Mengukur Umur Alam Semesta Menggunakan Kalender Kosmis


Postingan ini juga akan bercerita mengenai umur alam semesta dari big bang hingga saat ini, jika kita konversikan kedalam satu tahun penuh.


Prof. Dr. Carl Sagan dari Universitas Cornell, dalam bukunya The Dragons of Eden, mengemukakan bahwa jika usia alam semesta kita kompres menjadi satu tahun kosmis (cosmic year), maka penciptaan alam semesta berlangsung tanggal 1 Januari, galaksi Bimasakti baru terbentuk tanggal 1 Mei, tatasurya kita muncul tanggal 9 September, bumi kita yang kecil ini baru ada tanggal 14 September, makhluk hidup pertama di bumi berupa mikroorganisme bersel tunggal eksis tanggal 9 Oktober, zaman dinosaurus berlangsung dari 24 sampai 28 Desember, manusia baru tampil ke pentas sejarah pada tanggal 31 Desember pukul 23.00 tengah malam menjelang tahun baru, dan Nabi Isa Al-Masih a.s. lahir empat detik yang lalu.

Jika seluruh sejarah alam semesta dikompresi ke dalam satu tahun, maka dengan menggunakan skala waktu ini, satu bulan akan kira kira sama dengan satu miliar tahun. Berikut ini jika kita melihat lebih dekat ketika peristiwa peristiwa penting terjadi ketika kita membayangkan alam semesta dalam satu tahun:

Carl Sagan (1934-1996) adalah orang pertama yang menjelaskan sejarah alam semesta dalam satu tahun sebagai “Kalender Kosmis”.

Mari kita lihat kalender dalam sedikit lebih detail:
Cosmic Kalender (Dari The Dragons of Eden – Carl Sagan)
Tanggal Sebelum Desember

Dalam skema Kalender Kosmis, kehidupan manusia yang rata-rata 70-80 tahun adalah setara dengan sekitar 0,16 detik kosmik!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • October 2013
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031