9 Tips Merawat Kamar Mandi dan Toilet

Apa agan merasa jengkel bila keadaan kamar mandi & toilet anda mengalami kerusakan ataupun gangguan. Di bawah ini 9 Tips Merawat Kamar Mandi & Toilet yang mungkin berguna buat Anda sekalian :

1. Ampas Kopi untuk Kamar Mandi

Ampas kopi tubruk dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi (WC). Caranya sangat mudah. Siapkan secangkir air panas. Masukkan ampas kopi. Tambahkan sedikit garam lalu campur. Setelah itu, siram air campuran tadi ke lubang WC dan sekitarnya. Dalam sekejap kamar mandi (WC) di rumah Anda pun terbebas dari bau tak sedap.

2. Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Saluran pembuangan air di kamar mandi sangat penting perannya. Jika tersumbat, air kotor tidak dapat mengalir ke got sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan bibit penyakit. Sebelum tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan saluran pembuangan air. Namun, jika sudah tersumbat, kita bisa membuatnya lancar. Caranya, taburkan soda api pada saluran
pembuangan air yang tersumbat. Biarkan selama satu malam. Bilas dengan air hingga kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

3. Atasi Shower Mampat

Mandi menggunakan shower (pancuran air) lebih irit air daripada mandi dengan menggunakan bak mandi. Namun, seiring usia pemakaian, kepala showerbisa mampat. Apabila kepala shower mampat, cobalah tips berikut. Rebus kepala shower dari logam dengan larutan 1 liter air ditambah satu cangkir cuka, selama 15 menit. Untuk kepala showeryang terbuat dari plastik, rendam dalam campuran air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

4. Membersihkan Bak Mandi

Masukkan citrun (bahan tambahan untuk membuat es) ke dalam bak mandi porselen yang diisi penuh. Sebanyak 5 sendok makan citrun untuk 1 m3 air. Aduk citrun dan air hingga rata. Biarkan selama semalam. Keesokan harinya, kuras bak mandi. Kotoran di bak mandi akan luntur dengan sendirinya. Untuk menghilangkan kotoran di bak mandi tanpa harus menguras adalah celupkan selang air dengan panjang ±1½ kali tinggi bak ke dalam bak mandi. Caranya, setelah selang terisi penuh, tutup kedua lubang selang dengan kedua jari jempol. Angkat salah satu ujung selang ke luar bak, sedangkan ujung yang satunya tetap di dalam bak. Lepaskan kedua jempol secara bersamaan dari ujung selang. Air bak akan mengalir ke luar dan kita tinggal “menjalankan” ujung selang untuk mengisap kotoran di dasar bak mandi. Cara ini disebut juga menyifon.

5. Atasi WC Mampat

WC mampat membuat aktivitas di kamar mandi menjadi tidak nyaman. Namun, jangan khawatir. Gunakan garam dapur untuk melancarkan WC yang mampat. Larutkan 1 kg garam dapur dalam 1 ember air. Tuangkan larutan garam tersebut ke dalam toilet/WC. Jangan gunakan toilet/WC selama kurang lebih 5 jam. Selanjutnya, siram air yang banyak dengan
hentakan kuat.

6. Septictank Penuh

Fungsi septictanksangat vital bagi rumah tinggal. Adakalanya septictank sudah penuh membuat WC/toilet tidak bisa digunakan. Namun, septictank yang penuh jangan dulu dibongkar. Berikan perlakuan dengan memasukkan cairan pengurai tinja ke dalam kloset. Cairan ini bisa dibeli toko bangunan dan peralatan rumah.

7. Arang Hilangkan Bau WC

Kamar mandi rawan sekali akan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap ini cukup mudah. Letakkan beberapa arang yang masih baru di sudut-sudut WC. Dalam beberapa hari bau WC akan hilang. Hal ini karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan.

8. Kloset Kotor

Kerak pada kloset tidak enak dipandang. Kerak ini susah hilang bila hanya dibersihkan dengan air. Gunakan cuka dapur untuk membersihkan kloset. Caranya, siramkan dua gelas cuka dapur dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya, gosok kerak hingga bersih. Langkah berikutnya, bilas dengan air bersih.

9. Mengusir Kecoa di Kamar Mandi

Kecoa seringkali ditemui di daerah lembap atau basah, seperti kamar mandi. Kecoa juga dapat menyebarkan bibit penyakit. Berikut ini tips mengusir kecoa.Siapkan 1/4 liter air, 10 ml alkohol 75%, dan 20 ml tanaman cengkeh yang sudah ditumbuk. Campurkan formula di atas hingga merata. Semprotkan di sekitar lantai dan dinding kamar mandi. Campuran tersebut dapat bertahan hingga satu bulan.

Sumber

by marthinsaur

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • December 2013
    M T W T F S S
    « Nov   Jan »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031