Empat Fakta Penting Konsumsi Omega-3

Tak hanya untuk otak tapi juga organ penting lainnya

 

Wuri Handayani, Stella Maris

Salad salmon tinggi omega-3. (VIVAnews / Renne Kawilarang)

Omega-3 kerap disebut sebagai lemak esensial yang dibutuhkan tubuh. Terutama untuk kesehatan otak. Kandungan ini bisa didapatkan melalui ikan dan sayuran berdaun gelap. Namun sebuah studi menunjukkan bahwa omega-3 tak hanya membantu otak tapi juga beberapa penyakit lain. Apa saja?

 

Penyakit jantung

 

Dikutip Webmd, peningkatkan asupan omega-3 memperkecil risiko serangan jantung. The American Heart Association merekomendasikan asupan DHA dan EPA sebanyak satu gram setiap harinya. Asupan tersebut dapat diperoleh dari ikan-ikanan berlemak.
Omega-3 juga baik untuk menurunkan risiko aritmia atau detak jantung abnormal. Ini karena Omega-3 memiliki efek stabilisasi pada jantung, sehingga dapat menurunkan denyut jantung. Sumber ini dapat diperoleh dari ikan, brokoli, kacang kedelai hijau, dan lainnya.

Tekanan darah tinggi

Konsumsi ikan salmon, sarden, dan makarel tinggi omega-3 disebut mampu memangkas trigliserida dan menghambat plak arteri, agar tekanan darah tidak naik.

Stroke

Omega-3 terbukti dapat membantu mencegah datangnya penyakit stroke. Ini karena omega-3 bekerja menghambat plak dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, omega3 juga memiliki efek anti pembekuan arteri yang tersumbat.

Depresi

Sebuah penelitian menunjukkan, negara-negara yang mengonsumsi makanan dengan asupan omega-3, terbukti rendah depresi. Diketahui asam lemak omega-3 membantu mencegah munculnya gangguan suasana hati. Dengan kata lain, nutrisi ini bersifat sebagai obat antidepresan.

 

Jum’at, 10 Mei 2013, 12:49 WIB

• VIVAlife

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • December 2013
    M T W T F S S
    « Nov   Jan »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031