Shibam Hadramaut, Yaman yang Menakjubkan

Kota Shibam, yang terletak di daerah barat Provinsi Hadhramaut, di gurun al-Sab `Ramlat atayn, terkenal karena gedung-gedung pencakar langit dari bata lumpur yang menjulang. Kota yang dihuni oleh 7000 penduduk ini dikemas dengan sekitar 500 rumah lumpur 5 dan 11 lantai, yang tingginya mencapai 100 kaki, semua dibangun seluruhnya dari batu bata lumpur. Bangunan-bangunan tinggi ini menyebabkan kota Shibam dijuluki “Manhattan of the Desert”

Shibam sering disebut “kota pencakar langit tertua di dunia” dan merupakan salah satu contoh tertua dan terbaik dari perencanaan kota yang  didasarkan pada prinsip konstruksi vertikal. Shibam didirikan pada abad ke 3, tapi sebagian besar rumah yang kita lihat di sini dibangun pada abad ke-16, menyusul banjir yang menghancurkan Shibam di tahun 1532-1533. Namun, beberapa rumah tua dan bangunan besar masih tetap dari abad pertama Islam, seperti Masjid Jumat (Friday Mosque), yang dibangun pada tahun 904, dan benteng, dibangun pada tahun 1220.

 

Secara umum lantai bawah yang tak berjendela digunakan untuk penyimpanan biji-bijian, dan lantai untuk keperluan rumah tangga di atasnya untuk keluarga dan ruang bersantai di atasnya lagi. Ruang utama di lantai dua digunakan untuk laki-lai bersosialisasi. Sering memiliki plasterwork berukir indah dan kolom kayu berdiri yang dihiasi untuk mendukung langit-langit, sementara daerah perempuan terletak lebih tinggi, biasanya di lantai tiga atau keempat. Kamar-kamar tertinggi adalah untuk penggunaan komunal oleh seluruh keluarga, dan di tingkat atas sering ada jembatan dan pintu yang menghubungkan antar rumah-rumah. Ini adalah fitur defensif, tetapi juga praktis – terutama bagi orang tua yang merasa sulit untuk berjalan naik turun tangga.

 

Rumah-rumah perlu dibangun kembali selama berabad-abad. Hujan dan erosi telah terjadi ancaman konstan bagi bangunan di sini. Untuk melindungi rumah mereka, warga harus melapisi atap dan fasad dengan sealant, dan memastikan bangunan terpelihara dan direnovasi secara teratur. Mereka yang mampu, membeli limewash rumah untuk melindunginya dari rayap. Shibam telah ditambahkan ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1982.

http://muslimina.blogspot.com/2014/0…nakjubkan.html

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • March 2014
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31