Jika Tak Ingin Lekas Pakai Kacamata, Latih Penglihatan dengan Cara Ini

Muamaroh Husnantiya

 

 

 

 

Jakarta, Melemahnya kemampuan penglihatan menjadi masalah yang semakin umum dari hari ke hari. Apabila dulu hanya orang ‘berusia’ saja yang mengenakan kacamata, kini bocah cilik pun banyak yang telah mengenakannya.

Kurangnya zat-zat gizi penting merupakan salah satu penyebab buruknya kemampuan penglihatan. Begitu pula dengan kebiasaan membaca yang salah. Meski demikian, kemampuan penglihatan dapat dilatih melalui olahraga mata.

Tak hanya meningkatkan penglihatan, olahraga mata juga bermanfaat memelihara agar mata tetap bersih. Inilah beberapa jenis olahraga mata untuk meningkatkan performa penglihatan, seperti dikutip dari Boldsky pada Sabtu (21/3/2014).

1. Dua titik di dinding

Duduklah sejauh 3 meter dari sebuah dinding dan bayangkan dua titik yang saling terpisah sejauh setengah meter. Apabila membayangkan terlalu susah, titik dapat digambar pada dinding. Lihat satu titik selama lima sampai 6 detik, lalu secara perlahan, kemudikan titik itu ke titik lain. Ulangi selama tiga menit dan setelah itu tutup mata agar rileks.

2. Permainan angka

Meski sederhana, olahraga mata jenis ini dapat memperkuat otot mata. Caranya ialah dengan menggunakan dua kertas yang dipenuhi angka. Ukuran angka pada kertas kedua harus lebih kecil dari ukuran angka pada kertas pertama.

Tempelkan kertas pertama di dinding, lalu duduklah sejauh tiga meter dari dinding tersebut. Lihat angka pertama hingga angka terakhir pada kertas tersebut. Apabila terlihat jelas, beralihlah ke kertas kedua. Ulangi beberapa kali.

3. Menutup mata dengan telapak tangan

Tutup kedua mata dnegan telapak tangan dan pastikan bola mata tidak tertekan. Pastikan juga mata benar-benar tertutupi dan tidak ada secercah cahaya yang menerobos masuk. Berfokuslah pada kegelapan yang mucul, lalu tarik napas dalam-dalam. Olahraga ini sebaiknya dilakukan tiga kali setiap hari.

4. Berkedip

Berkedip merupakan olahraga mata yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Caranya ialah dengan mengedipkan mata sebanyak 10-15 kali dengan cepat. Mereka yang kerap melihat layar komputer atau layar televisi harus melakukan latihan ini paling tidak sebanyak dua kali sehari.

5. Menutup mata

Latihan ini mudah saja. Pertama, tutup mata seerat mungkin dan tahan selama 5 sampai 6 detik. Kemudian, buka mata selama 5 sampai 6 detik. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali sehari. Selain membuat mata rileks, cara ini juga dapat meningkatkan performa penglihatan.

6. Memijat mata

Tutup mata dan dudulah bersandar pada kursi senyaman mungkin. Dengan tekanan yang sangat ringan, lakukan pemijatan pada mata dan kelopak mata dengan gerakan melingkar. Pijat juga area dahi dan sekitar mata. Cara ini diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke mata.
Sabtu, 22/03/2014 13:31 WIB

(vit/vit)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • March 2014
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31