Ditemukan, Ikan Aneh dengan 4 Mata Khusus

Dua tambahan mata ini memiliki lensa dan retina mirip cermin

 

 

 Beno Junianto, Amal Nur Ngazis

Ikan memiliki 4 mata

Ikan memiliki 4 mata (dailymail)

 

 Ilmuwan Jerman menemukan spesies ikan langka, memiliki empat mata yang semuanya berfungsi secara khas.

Ikan yang dinamakan dengan Rhynchohyalus natalensis itu hidup bawah dalam  laut yang gelap gulita, pada kedalaman 800 hingga 1 Km.

Hewan laut yang dikenal dengan jenis ikan yang mengerikan itu memiliki dua mata utama silinder yang mengarah ke atas. Fungsi dua mata ini untuk memantau mangsa atau bayangan hitam predator di atas ikan.

Sedangkan dua mata tambahan, yaitu mata oval berwarna perak, terletak di sisi kepala. Dua tambahan mata ini memiliki lensa dan retina kedua yang mirip dengan cermin.

Pada laut dalam, menurut Jurnal Proceedings of the Royal Society, disebutkan mata perak ini berfungsi mendeteksi kedipan cahaya biopendar dari makhluk laut dalam sehingga memberi pandangan ikan pada dua sisi dan bagian bawahnya.

Cahaya yang datang dari bawah difokuskan pada dua cermin retina yang melengkung. Dengan demikian ikan memiliki bidang pandangan yang lebih besar. Peneliti menyebutkan sepasang mata ekstra itu membantu ikan ini pandangan 360 derajat meski hewan laut ini hidup pada kedalaman laut yang gelap.

“Jelas, bidang pandangan yang luas merupakan keuntungan bahkan pada kedalaman yang sangat besar,” ujar Professor Hans-Joachim Wagner, peneliti Institute of Anatomy dari University of Tubingen, Baden-Wurttemberg, Jerman. Joachim Wagner merupakan peneliti yang menemukan ikan aneh itu, dilansir dari Dailymail.

Hasil penelitian yang cukup mengejutkan yakni pandangan ikan yang tak terduga, ikan ini memiliki mata reflektor yang biasanya hanya ditemukan pada invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang.

Sepanjang ini hewan vertebrata yang memiliki kombinasi mata reflektor, yaitu ikan aneh Dolichopteryx longipes. Ikan ini menggunakan kombinasi lensa pantulan dan bias pada matanya.

Ikan ini tertangkap pada Laut Tasman, Selandia baru selama proyek penelitian internasional. Ikan ini berukuran panjang 18 cm.

Rabu, 26 Maret 2014, 05:52
© VIVA.co.id

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • March 2014
    M T W T F S S
    « Feb   Apr »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31