Cara Membedakan Batu Akik/Mulia Asli


Aslikah batu akik koleksi Anda? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang, mengingat mudahnya mendapatkan batu akik yang sudah jadi di pasaran.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguji apakah batu mulia tersebut asli atau palsu. Batu akik palsu merupakan batu sintetis hasil olahan pabrik yang dibuat menyerupai batu asli.

Pertama kita dapat mengujinya dengan memperhatikan urat-urat alam yang tampak dalam batu. Untuk melihatnya diperlukan kaca pembesar atau mikroskop karena serat-serat tersebut kadang kala sangat kecil. Apabila asli, serat pada batu nampak seperti retak-retak, karena dipastikan tidak ada batu mulia yang mulus tanpa serat.

Selanjutnya menguji tingkat kekerasan batu dengan menggunakan alat yang disebut hardness set pencil. Anda juga dapat mengujinya dengan cara memeriksa kadar beratnya dengan timbangan air. Terakhir menggunakan refraktometer untuk mengetahui pantulan sinar batu.

Selain dengan cara di atas, dapat juga menguji dengan cara sederhana seperti, jika dilekatkan di pipi, maka batu akan terasa dingin, artinya batu tersebut asli. Apabila  dibakar, batu akan cepat panas dan kembali cepat dingin, beda dengan kimia plastik atau kaca aspal, yang mampu menyimpan panas lebih lama.

Batu-batu sintetis umumnya memiliki ciri-ciri tampak bening seperti kaca, tidak terlihat serat di dalamnya. Massanya lebih ringan untuk ukuran batu yang sama atau serupa asli. Terjadi perubahan, apabila Anda membakarnya dan mudah tergores atau lecet, jika terjatuh dan tergesek benda keras.

Sumber : Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

__________________

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • January 2015
    M T W T F S S
    « Nov   Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031