Es Batu Paling Berisiko Tercemar Bakteri Penyebab Diare dan Tifus

Firdaus Anwar
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Jajanan menggunakan es batu baru-baru ini kembali hangat dibicarakan karena kasus pabrik di Cakung, Jakarta, yang disegel karena produk esnya diduga menyebabkan keracunan. Masyarakat diimbau oleh pakar kesehatan agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan, terlebih es yang sering dikonsumsi.

Kasus yang terjadi pada pabrik es tersebut hanya satu contoh kasus besar yang muncul di masyarakat. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Dr. dr. Agustin Kusumayati, MSc, mengatakan es dalam keseharian masyarakat di mana pun sebetulnya berisiko tercemar.

Baca juga: Ahli Mikrobiologi: Bakteri di Es Sebabkan Diare, Zat Kimianya Picu Kanker

“Yang namanya es batu itu bahan makanan yang sangat vulnerable (rentan -red), sangat berisiko tinggi sebagai penular. Karena kalau es batu sudah terkontaminasi, maka kita sudah nggak bisa apa-apa lagi,” ujar dr. Agustin dalam acara temu media di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/4/2015).

E. Coli dan Salmonella adalah contoh bakteri yang dikatakan oleh dr. Agustin sangat berisiko mencemari es batu dari sumber airnya. Jika es batu yang memiliki salah satu bakteri tersebut dikonsumsi maka gangguan pencernaan seperti diare atau tifus bisa menyerang.

“Makanya masyarakat banyak yang sedikit-sedikit tifus karena es batu banyak salmonella. Sebaiknya jangan minum es batu, sangat high risk. Mending beli minuman kemasan dingin,” kata dr Agustin.

Kasus keracunan akibat mengonsumsi es batu dikatakan oleh dr. Agustin akan sangat berbahaya bila tak ditangani dengan cepat. Pada anak-anak dehidrasi parah akibat diare bahkan dapat menyebabkan kematian.

(fds/ajg)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • April 2015
    M T W T F S S
    « Feb   May »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930