Kisah Mistis Pulau Onrust di Kepulauan Seribu

Discussion in ‘Misteri’ started by sarafyuk, Mar 11, 2016.

sarafyuk

New Member

Kisah_Mistis_Pulau_Onrust_oleh_Segi_Empat

 


Pulau Onrust merupakan pulau terpencil yang berada di daerah kepulauan seribu. Pulau ini termasuk pulau yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing, pasalnya di pulau ini adalah salah satu pulau yang cukup bersejarah bagi tanah air Indonesia.

Tapi meski bersejarah, pulau ini juga melekat dengan kisah-kisah mistis pasalnya pulau ini juga memiliki kisah kelam di masa penjajahan di masa lalu. Mulai dari era penjajahan Belanda jika pengambil alihan oleh militer Jepang.

Dalam kisah sejarah, pulau Onrust awalnya menjadi tempat karantina bagi orang-orang Indonesia yang pulang dari menunaikan ibadah haji. Kala itu pemerintahan Hindia-Belanda khawatir jika jemaah haji tanah air membawa virus TBC, namun di balik itu sebenarnya Belanda takut jika jemaah haji yang datang justru membawa pengaruh buruk terhadap pemerintahan Hindia-Belanda.

Kisah Kelam Pulau Onrust

Kisah_Mistis_Pulau_Onrust_1_oleh_Segi_Empat

Pada tahun 1933, pulau Onrust mulai beralih fungsi. Di era yang genting pemerintah Belanda menjadikan pulau ini sebagai tempat penahanan bagi para pemberontak dan juga orang-orang yang berpengaruh. Bahkan pada masa penjajahan Belanda hingga Jepang yang meski tergolong singkat pulau ini tidak hanya dijadikan sebagai pusat penahanan tapi juga sebagai tempat eksekusi bagi mereka yang dianggap membelot dari Jepang. Hal tersebut pun terbukti dari banyaknya makam-makam yang tidak diberi nama di salah satu bagian pulau.

Kisah Mistis

Kisah_Mistis_Pulau_Onrust_2_oleh_Segi_Empat

Kelamnya masa penjajahan di masa lalu, sedikit banyak telah membuat pulau Onrust diselimuti dengan kisah-kisah mistis mengerikan. Konon di areal pemakaman adalah bagian yang paling angker. Pasalnya, di sini konon sering muncul suara-suara aneh hingga penampakan yang mengerikan. Termasuk pula legenda hantu noni Belanda yang dikenal dengan nama Maria Van de Velde, yang sering menampakkan wujudnya dengan mengenakan busana pengantin khas Belanda

Dalam kisahnya Maria disebut meninggal bunuh diri karena kecewa hingga hari pernikahannya sang kekasih yang juga orang Belanda tak kujung datang. Di duga pernikahan Maria tidak direstui dan pacarnya sengaja diikutkan dalam pasukan militer agar ia tewas dalam peperangan. Namun, sebenarnya Maria sendiri tewas karena penyakit pes, yang dulu memang termasuk penyakit menular di pulau ini.

Terlepas dari kisah mistisnya, pulau Onrust adalah pulau indah nan bersejarah yang wajib dikunjungi. Mungkin saja Anda dapat berjumpa dengan sosok hantu Maria.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Join 146 other followers

  • April 2016
    M T W T F S S
    « Feb   May »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930